Pages

Sabtu, 14 September 2013

10 Reruntuhan Bawah Laut yang Paling Mengagumkan

Diposting oleh Muhammad Alimin at 18.37
Sejarah peradaban manusia yang ditelan oleh laut, mungkin kisah mengagumkan ini terdengar seperti kisah kota Atlantis. Tapi bedanya adalah ini adalah kisah nyata yang benar-benar ada di berbagai belahan dunia dan masih bisa disaksikan hingga sekarang ini. Berikut 10 reruntuhan atau bangunan bawah laut yang paling menakjubkan di dunia.
1. Port Royal, Kingston Harbour, Jamaica
Port Royal Underwater Ruin
Pernah dikenal sebagai "Kota Paling Kejam di Dunia" karena merupakan rumah bagi para pelacur dan bajak laut dari seluruh belahan dunia. Didirikan pada tahun 1518 namun tenggelam karena gempa bumi pada tahun 1692. Ada berbagai rencana yang menunjukkan bahwa ada indikasi kota bawah laut ini akan dikembangkan menjadi salah satu tujuan utama turis di Jamaica.
2. Cleopatra's Palace, Alexandria, Mesir
Cleopatra's Palace Underwater Ruin
Dikatakan hilang sejak 1600 tahun yang lalu namun kemudian ditemukan kembali di bawah laut kota Alexandria, Mesir. Berdasarkan legenda yang mengatakan bahwa Cleopatra dan Marc Anthony bunuh diri untuk menghindari ditangkap pasukan Roma, hingga sekarang para peneliti percaya ada 3 tempat yang menjadi makam kedua tokoh Mesir tersebut. Penggalian masih dilakukan hingga sekarang karena para peneliti percaya akan adanya artifak-artifak yang dapat menjadi museum bawah laut pada tempat ini.
3. The Pharos, Alexandria, Mesir
The Pharos Underwater Ruin
Di antara tahun 1994 dan tahun 1998, para peneliti diutus untuk menemukan reruntuhan mercusuar kuno yang terkenal di Alexandria, yaitu "Pharos of Alexandria". Walaupun para peneliti telah memperkirakan ukurannya, yang mereka temukan jauh lebih luar biasa daripada yang mereka bayangkan. Dengan luas 2,5 hektar dan terdiri dari 2.500 susunan rentuhan yang mencakup pilar-pilar, sphinx, patung-patung raksasa, monumen Firaun, serta batu-batu granit dari mercusuar terkenal tersebut, membuat tempat ini sebagai salah satu tempat paling menakjubkan di dunia.
4. Yonaguni-Jima, Okinawa, Jepang
Yonaguni Jima Underwater Ruin
Pada tahun 1980-an, sekumpulan penyelam lokal menemukan formasi batu bawah laut di bagian selatan dari pulau Yonaguni, formasi batu bawah laut ini merupakan reruntuhan yang dikenal sebagai Monumen Yonaguni atau Yonaguni-Jima. Reruntuhan ini menyerupai piramid yang memiliki tangga-tangganya sendiri. Hal ini menimbulkan kontroversi tersendiri karena dikatakan bahwa reruntuhan ini telah ada sejak 2000-3000 tahun yang lalu, bahkan beberapa lainnya mengatakan 8000 tahun yang lalu, sedangkan alat untuk membangunnya belum ada.
5. Pavlopetri, Peloponnese, Yunani
Pavlopetri Underwater Ruin
Dipercaya telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, Pavlopetri adalah kota bawah laut yang dikatakan paling pertama ditemukan keberadaannya. Reruntuhan ini benar-benar mengagumkan, ia memiliki tata letak akan jalanan, halaman, makam hinggga bangunan-bangunan lainnya dengan luas lebih dari 30.000 meter persegi. Peneliti percaya bahwa kota ini tenggelam sebagai hasil dari gempa bumi. Sayangnya reruntuhan ini terancam karena pencuri, turis dan jangkar dari kapal-kapal.
6. Dwarka, Jamnagar, India
dwarka underwater
Salah satu penemuan paling menakjubkan di India adalah penemuan kota bawah laut Dwarka sejak tahun 1983. Hal ini dikarenakan reruntuhan yang menyerupai kota bawah laut ini dihubungan dengan kota aguna Dvaraka yang merupakan kota di bawah naungan Krishna (Dewa Agung di Hindu). DI reruntuhan ini banyak sekali candi-candi bawah laut yang dipercaya berasal dari era pertengahan.
7. Shore Temple, Mahabalipuram, India
Shore Temple Mahabalipuram
Candi Mahabalipuram sangatlah terkenal, dimana legenda mengatakan bahwa dulunya ada 7 candi yang sangat menakjubkan. Karena keirian para Dewa, mereka mengirimkan air bah yang menenggelam dan menghancurkan semuanya kecuali satu, yaitu Shore Temple. Banyak teori yang mengatakan bahwa reruntuhan Mahabalipuram benar-benar membentuk 7 candi tersebut.
8. Baiae, Bay of Naples, Itali
Baiae Underwater Ruin
Baiae adalah kota pelabuhan yang dikuasai oleh Roma, merupakan rumah bagi mereka yang kaya dan terkenal akan kehidupan tidak bermoral dan korupsinya namun merupakan tempat yang sangat cantik. Karena hal ini, Baiae dipercaya lebih terkenal dibandingkan Herculaneum, Capri dan Pompeii, hingga akhirnya Baiae dihancurkan oleh tentara Muslim dan ditinggalkan pada tahun 1500. Karena aktivitas gunung berapi, kota ini tenggelam dan berada di bawah laut hingga sekarang.
9. Wat Tilok Aram, Kwan Phayao, Thailand
Kwan Phayao Underwater Ruin
Wa Tilok Aram merupakan nama dari candi berumur 500 tahun yang terletak di dasar danau buatan Phayao. Ada perkataan yang mengatakan bahwa candi tersebut harus dipulihkan, namun walaupun danau ini dapat dikatakan masih baru dan hanya berumur 70 tahun, untuk mengembalikan candi tersebut sangatlah tidak memungkinkan karena membutuhkan biaya yang luar biasa. Beberapa penggemar reruntuhan bawah laut mengatakan bahwa candi ini telah menjadi bagian dari ekologi menakjubkan danau tersebut dan harus ditinggalkan demikian.
10. Herakleion and Canopus, Abu Qir Bay, Mesir
Heraklion Underwater Ruin
Herakleion dan Canopus adalah 2 kota kuno yang menjaga pintu gerbang menuju Mesir. Mungkin beberapa dari Anda yang sering membaca literatur dan menonton film pernah mendengar nama Herakleion, hal ini dikarenakan Herakleion merupakan rumah dari Raja Sparta, Menelaus, saat ia berperang melawan Troy selama 10 tahun. Reruntuhan pada tempat ini sangatlah mengagumkan dengan kedalaman 7m, memberikan nuansa kota yang terhenti waktunya. Pada reruntuhan ini ada banyak candi, patung dan rumah yang menunjukkan kejayaan masa lalunya.

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

Post Lainnya

Translate

Archive

Archive

Followers

 
© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.