Pages

Rabu, 11 September 2013

Palembang, Tak Sebatas JEMBATAN AMPERA

Diposting oleh Ali at 03.44
Palembang, Tak Sebatas JEMBATAN AMPERA
Quote:Quote:
  
Quote:Quote:Dibelah Sungai Musi, Palembang di Sumatera Selatan adalah destinasi wisata utama di Sumatera. Jembatan Ampera dan pempek hanya secuil dari pesona kota ini, masih banyak tempat keren lain. Intinya, Anda harus liburan ke Palembang 
Sejarah peradaban di Palembang menggurat panjang sejak Kerajaan Sriwijaya dan menjadikan kota ini kaya dengan aneka ragam jenis wisata yang dicari wisatawan, dari wisata sejarah, kuliner, belanjar, religi, sampai wisata alam. Seperti banyak juga kota-kota di Asia yang dibelah sungai besar, Palembang ikut berjuluk Venesia dari Timur.
Kota terbesar kedua di Sumatera ini harus menjadi destinasi liburan Anda berikutnya. Jembatan Ampera yang begitu ikonik dan pempek, makanan paling tersohor dari Palembang, adalah magnet para wisatawan. Namun banyak hal yang bisa dilakukan di sana.

Mari kita kupas serba-serbi liburan ke Palembang 

Quote:Quote:Ini Dia Aneka Cara Pergi ke Palembang
Quote:Quote:Kalau ada pepatah yang mengatakan 'Banyak Jalan Menuju Roma', begitu pula dengan Palembang. Ibukota Sumatera Selatan bisa turis capai dengan banyak jalan, mulai dari darat, laut hingga udara.

Inilah aneka transportasi yang bisa traveler pilih untuk mencapai Palembang, dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta. Ayo jalan!

Quote:Bus
Quote:Quote:
Quote:Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini sudah tersedia banyak, terutama dari Jakarta. Salah satu kota yang dituju bus AKAP adalah Palembang di Sumatera Selatan.
Jika Anda salah satu traveler yang ingin jalan-jalan ke Palembang melalui jalur darat, bus Kramat Jati bisa menjadi pilihan. Bus Kramat Jati dari Jakarta tersedia di beberapa terminal, antara lain Terminal Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Pulo Gadung, Rawamangun, Grogol dan Kalideres.
"Kalau dari Lebak Bulus berangkat jam 14.00 WIB, kalau lancar jam 06.00 WIB besoknya sudah tiba," kata salah satu pegawai bus Kramat Jati.
"Busnya VIP, fasilitasnya bangku 2-2, ada bantal, selimut, toilet, dan smoking room,"
Selain Kramat Jati, bus lain yang juga melayani rute Jakarta-Palembang adalah Pahala Kencana. Sama seperti Kramat Jati, bus Pahala Kencana tersedia di beberapa terminal, seperti Lebak Bulus dan Rawamangun.
Para calon penumpang Lorena bisa memilih untuk naik bus eksekutif atau pun VIP. "Kalau VIP itu tempat duduknya 40, kalau eksekutif ada 30 bangku,"


Quote:Kapal disambung Kereta Api
Quote:Quote:
Quote:Selain bus, masih ada jenis transportasi lain yang bisa Anda pilih untuk menuju Palembang, yaitu kapal. Hanya saja, kapal milik Pelni dengan rute Jakarta-Palembang belum ada.
Jika ingin menggunakan kapal, traveler bisa naik kapal ferri dari Pelabuhan Merak di Banten menuju Bakauheni di Lampung. Ada banyak kapal yang tersedia untuk membawa banyak penumpang menuju Bakauheni.
Setelah tiba di Bakauheni, penumpang yang membawa kendaraan bisa terus memacu mobil/motor yang dimiliki untuk mencapai Palembang. Lalu bagaimana yang tidak?
Lampung memiliki kereta api yang melayani rute Lampung-Palembang. Traveler bisa naik dari Stasiun Kotabumi di Lampung menuju Stasiun Kertapati di Palembang. Kereta berangkat pada pukul 22.36 WIB dan tiba di Palembang pada pukul 04.53 WIB.
Kereta yang melayani rute ini adalah Sriwijaya II. Ada beberapa jenis kelas yang bisa dipilih, yaitu eksekutif dan bisnis.
Quote:Pesawat
Quote:Quote:
Quote:alur terakhir yang bisa menghubungkan traveler dari Jakarta menuju Palembang adalah udara. Anda bisa berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.
Ada 3 maskapai yang melayani rute Jakarta-Palembang, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Dari ketiganya, maskapai yang memiliki jam penerbangan paling banyak adalah Garuda Airlines.
Cek selalu informasi dari maskapai terkait. Harga tiket pesawat sangat fluktuatif tergantung waktu keberangkatan.

Quote:Kalo udah nyampe Palembang, Mari kita telusuri kotanya 
Quote:Quote:Kegiatan untuk Liburan Seru di Palembang
Quote:Banyak kegiatan seru yang bisa wisatawan nikmati di Palembang, Sumatera Selatan.
Jangan sampai waktu liburan Anda terbuang sia-sia dengan kegiatan yang biasa-biasa saja. Ini beberapa kegiatan yang buat liburan Anda di Bumi Sriwijaya semakin seru 

Quote:Jalan-jalan di Jembatan Ampera
Quote:
Quote:Liburan ke Palembang, belum pas kalau belum menapakan kaki di Jembatan Ampera. Ikon wisata Palembang yang membelah Sungai Musi ini, menghubungkan antara seberang Ulu dan seberang Ilir. Dengan panjang 1,1 km, arsitektur yang cantik, dan pemandangan jembatan beralaskan Sungai Musi, menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto.

Keindahan jembatan ini pun semakin sempurna saat malam hari dengan kerlap-kerlip lampu jalanannya. Terlebih, di bawah jembatan ini banyak penjual yang menjajakan kuliner khas Palembang. Tidak heran bila banyak pelancong yang menghabiskan malam di Jembatan Ampera.

Quote:Menyusuri Sungai Musi
Quote:
Quote:Selain menjadi jantung kehidupan masyarakat Palembang, Sungai Musi juga menjadi destinasi wisata yang sayang bila Anda lewatkan. Untuk menikmati keindahan Musi, traveler bisa naik perahu kayu bermesin motor atau ketek. Traveler bisa menemui ketek di dermaga Kuto Besak. Dari atas ketek, traveler akan diajak menyusuri Sungai Musi.

Sejauh mata memandang, Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional berbentuk panggung di sepanjang pinggiran sungai dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Biasanya untuk sewa ketek traveler dikenakan sekitar Rp 125 ribu per dua jam dengan kapasitas 10 orang. Sedangkan untuk speedboat dibanderol sekitar Rp 150 ribu dengan kapasitas maksimum enam orang. Harga bisa berubah, tergantung selera pemilik perahun dan bagaimana keahlian Anda saat menawar.

Quote:Melihat Palembang dari menara Masjid Agung
Quote:
Quote:Berlokasi di kawasan 19 Ilir, terdapat Masjid Agung Sultan Badaruddin I. Masjid ini memiliki gaya bangunan khas China, Indonesia dan Eropa. Menara masjid yang menjulang tinggi dan nyentrik juga menarik perhatian wisatawan. Menara setinggi 30 m dengan diameter 3 m ini, berada di bagian kiri masjid.

Ujung menaranya berbentuk melengkung, mirip ujung menara sebuah kelenteng. Bahkan atap masjid ini juga kental dengan nuansa China. Tak sekadar untuk beribadah, traveler bisa naik ke atas menara masjid ini. Sebelum naik, Anda terlebih dulu meminta izin pada pengurus masjid. Nah, dari atas menara Masjid Agung Palembang, pelancong bisa melihat keindahan Kota Palembang dari ketinggian. Seru!

Quote:Jelajah Pulau Kemaro
Quote:
Quote:Legenda cinta tragis Putri Raja Palembang, Siti Fatimah dan Pangeran Tiongkok, Tan Bun Ann di Pulau Kemaro sudah tersohor. Banyak traveler yang penasaran dan ingin melihat langsung makam keduanya. Ada pula pohon cinta yang juga memikat perhatian wisatawan. Banyak traveler yang mengabadikan namanya sendiri bersama pasangannya di pohon cinta. Mereka tertarik dengan mitos tentang keabadian cinta di pohon tersebut.

Selain itu, Pulau Kemaro juga menjadi salah satu tempat yang dituju oleh masyarakat Tionghoa saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Saat berkunjung ke pulau ini, Anda akan menemukan sebuah kelenteng dan pagoda.

Quote:Berburu foto ke rumah tua di Kampung Kapitan
Quote:
Quote:Rumah dan bangunan tua menjadi, selalu menjadi objek yang menarik untuk jepretan kamera. Kampung Kapitan di 7 Ulu menjadi destinasi tepat untuk pecinta fotografi. Di Kampung ini terdapat 15 rumah panggung bergaya China, Palembang, dan Belanda.

Rumah-rumah di kampung ini, tetap dibiarkan seperti aslinya hingga terlihat tua. Banyak traveler yang datang karena ingin mengabadikan suasana kampung ini. Serunya, di rumah ini masih ada foto-foto zaman dulu yang membuktikan kejayaan keluarga Kapitan Tjoa. Tjoa adalah perwira keturunan Cina berpangkat kapitan (kapten) yang pernah bekerja untuk pemerintahan Belanda. Sekarang masih ada 6 keluarga yang masih tinggal di Kampung Kapitan.

Quote:Sunset di Benteng Kuto Besak
Quote:
Quote:Selain Sungai Musi, untuk menikmati sore di Kota Palembang Anda bisa berkunjung ke Benteng Kuto Besak. Keberadaan Benteng Kuto Besak sendiri begitu unik karena berdiri di atas tanah yang dikelilingi oleh 4 sungai. Seolah benteng ini berdiri atas sebuah pulau kecil.

Wilayah Benteng Kuto Besak diapit oleh Sungai Musi di bagian muka atau selatan, Sungai Sekanak di barat, Sungai Tengkuruk di timur dan Sungai Kapuran dibagian belakang atau utara. Saat sore, banyak pengunjung yang datang ke benteng ini. Inilah salah satu titik untuk menikmati sunset cantik di Palembang.

Quote:Wisata Kuliner
Quote:
Quote:Jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khas Palembang, tak cuma pempek. Masih ada seperti mi celor, celimpungan, brengkes tempoyak dan pindang patin. Sudah bukan rahasia lagi, kalau di sekitar Sungai Musi banyak terdapat kafe-kafe terapung. River Seat Restaurant dan Pasar Kuliner Tepian Sungai Musi adalah dua tempat yang bisa membawa Anda tenggelam dalam kelezatan kuliner khas Palembang.

Ada juga Danau Kambang Iwak Besak di Jalan Tasik. Setiap malam, tepian danau ini dipenuhi dengan berbagai macam warung makanan. Tidak hanya kuliner khas Palembang, di sini juga ada Bubur Ayam Kang Didin, Surabi Enhai dan lain-lain. Belum lagi, suasana di sini semakin ramai dengan adanya kumpulan komunitas dan pertunjukan musik akustik.


Quote:Wisata Kuliner Palembang 
Ayo kita Kupas 

Quote:Quote:Quote:Palembang bukan cuma Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Kota ini juga terkenal dengan berbagai makanannya yang khas dan nikmat. Traveling ke Palembang, belum sah jika tidak mencicipi 6 kulinernya berikut ini.

Sebagian besar traveler pasti mengatakan pempek jika ditanya soal makanan khas Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tapi, kota dengan landmark Jembatan Ampera ini tidak hanya punya itu saja. Masih ada lagi berbagai makanan khasnya yang tak kalah lezatnya. Ini dia kuliner khas Palembang:

Quote:Quote:Pempek & Es Kacang Merah
Quote:
Quote:Terasa ada yang kurang kalau berwisata ke Palembang tapi belum makan pempek. Ada banyak warung yang menjual makanan berbahan dasar ikan dan sagu ini. Tapi yang paling terkenal adalah Pempek "Saga" Sudi Mampir yang beralamat di Jalan Merdeka (depan Kantor Walikota). Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 12.00-22.00 WIB.

Berbahan dasar ikan, kadang membuat beberapa pempek berbau amis. Tapi hal tersebut tidak akan Anda temukan di sini. Sebab Pempek "Saga" Sudi Mampir menggunakan ikan tenggiri yang masih segar. Rasa gurih pempek juga makin terasa nikmat saat dicampur dengan kuah cuka. Untuk menu penutupnya, Anda bisa memesan es kacang merah yang juga terkenal di nikmat di sini.

Quote:Quote:Mie Celor
Quote:
Quote:Selain pempek, Palembang juga punya mie celor yang tak kalah nikmatnya. Dalam bahasa lokal, celor berarti diseduh. Biasanya mie ini dinikmati untuk menu sarapan oleh warga Palembang. Selain mie, di dalamnya ada juga tauge, irisan telur, kuah santan, dan kaldu udang kental.

Sebagai pelengkap, biasanya mie celor juga juga ditambahkan irisan daun kucai, udang rebus, dan bawang goreng di atasnya. Bagaimana, sudah terbayang kelezatannya? Untuk mencobanya, lekas kunjungi Mie Celor 26 Ilir Asli H M Syafei Z. Warung makan ini terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan No 2, 26 Ilir. Di sini, seporsi mie celor dihargai sekitar Rp 12.000.

Quote:Quote:Brengkes Tempoyak
Quote:
Quote:Terasa sulit diucapkan, tapi nikmat terasa di lidah. Ya, itulah brengkes tempoyak, makanan khas Palembang lainnya yang menggugah selera. Dalam bahasa Indonesia, brengkes adalah pepes atau makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Sedangakan tempoyak berarti durian yang difermentasikan.

Ets, jangan mengambil kesimpulan dulu, sebab brengkes tempoyak bukan hanya sekadar durian fermentasi berselimut daun pisang saja. Makanan ini juga ditambahkan ikan. Biasanya ikan yang digunakan adalah patin dan baung. Ikan jenis tersebut banyak ditemukan di sepanjang Sungai Musi.

Mau mencicipi brengkes tempoyak, Anda bisa datang ke Palembang kemudian menuju Jalan Gubernur H A Bastari yang menjadi alamat bagi Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia. Tidak jauh dari situ, Anda juga bisa menyantap brengkes tempoyak di Pondok Pinang Maranjat Jakabaring.

Quote:Quote:Celimpungan
Quote:
Quote:Bosan makan pempek, Anda bisa menyantap menu variannya, yaitu celimpungan. Bahan dasarnya tidak berbeda jauh dengan pempek, hanya saja celimpungan dibentuk bulat seperti bola pimpong. Kemudian, celimpungan disiram dengan kuah santan berwarna kuning yang dicampur dengan kaldu ikan.

Walaupun hampir sama dengan pempek, tidak semua warung makan yang menjual pempek menyajikan celimpungan. Anda bisa menemukan celimpungan di sekitaran Jalan Merdeka atau Simpang 26 Ilir, Palembang.

Quote:Quote:Pindang Patin
Quote:
Quote:Masih berbahan dasar ikan sungai, Palembang juga punya pindang patin. Isinya sudah pasti daging ikan yang diguyur kuah berwarna merah yang berasal dari campuran terasi, cabai, bawang merah, asam jawa, serta gula. Pindang patin juga terasa lebih nikmat berkat potongan nanas dan tomat di dalamnya.

Di Palembang, ada banyak warung makan yang menjual makanan ini. Salah satunya adalah Rumah Makan Pindang Pegagan Adenia dan Pondok Pindang Meranjat Jakabaring yang sama-sama berada di Jalan Gubernur HA Bastari.


Quote:Quote:Lanjut Gan 
Cari yang Segar-segar di Palembang, Ini Tempatnya 

Quote:Banyak yang bilang kalau traveling ke Palembang harus siap dengan panas yang menyelimuti kota. Tapi siapa bilang seluruh Palembang panas, masih ada tempat lain yang hijau dan bisa Anda kunjungi untuk mendapat kesegaran.
inilah 2 destinasi wisata yang bisa mempertemukan Anda dengan udara segar di Kota Palembang

Quote:Taman Wisata Alam Punti Kayu
Quote:
Quote:Taman Wisata Alam Punti Kayu adalah satu-satunya hutan wisata yang ada di Sumatera Selatan, seperti yang tertulis dalam situs resminya. Taman wisata ini berada di Jl Kolonel Burlian, Km 6,5, Sukarame, Palembang.
Datang ke sana, turis akan dihadapkan dengan panorama hutan pinus yang tinggi dan rimbun. Anda pun bisa merasakan lokasi dengan udara paling sejuk di Palembang.
Hiruplah udara dalam-dalam dan biarkan oksigen segar masuk ke dalam paru-paru Anda. Nikmati juga semilir angin sejuk yang mungkin jarang Anda temui di perkotaan.
Taman Wisata Alam Punti Kayu tak hanya dihuni pepohonan rimbun, wisatawan yang datang juga bisa datang ke kebun binatang yang ada di sana. Pelancong pun akan dihibur dengan tingkah laku lucu monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) dan beruk (Macaca nemestrina).
Sebagai taman wisata alam, Punti Kayu juga memiliki banyak fasilitas menarik, seperti kolam renang, jembatan gantung, danau, wilayah perkemahan, arena atraksi gajah dan taman bermain anak. Tak hanya itu, Taman Wisata Alam Punti Kayu juga memiliki taman bunga. Pas untuk turis yang mencintai bunga.

Quote:Agrowisata Bina Darma
Quote:
Quote:Selain Taman Wisata Alam Punti Kayu, masih ada destinasi lain yang juga menyajikan udara segar di Palembang, yaitu Agrowisata Bina Darma. Tempat wisata ini berada di Jl Raya Palembang-Indralaya, Km 26.
Agrowisata Bina Darma berada jauh dari kota, jadi cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan. Di sana, Anda bisa melihat banyak pepohonan hijau tumbuh. Tak heran udara sejuk begitu terasa jelas di kawasan ini.
Jalan-jalan ke Agrowisata Bina Darma, asyiknya Anda mengajak buah hati. Ada banyak permainan seru yang bisa Anda jajal bersama anak. Beberapa di antaranya adalah bebek air, kolam pancing, kolam tangkap ikan, ATV dan naik kuda.
Bukan cuma itu, pengunjung juga bisa mengajarkan anak bagaimana bercocok taman. Ini karena Agrowisata Bina Darma juga menyediakan fasilitas bermain bajak sawah. Pasti seru!

Quote:Kalo udah mo minggat, jangan lupa sama oleh2 
Quote:Quote:Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Palembang
Quote:Quote:Apa rasanya liburan ke Palembang tanpa membawa oleh-oleh khasnya. Di dalam suvenir, terdapat memori yang bisa mengenang perjalanan Anda. Biasanya, buah tangan yang selalu dibawa wisatawan dari Palembang adalah pempek, songket dan aneka aksesori khas Ibukota Provinsi Sumatera Selatan.
Inilah tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berburu oleh-oleh khas Palembang 

Quote:Quote:Quote:Pasar Cinde
Quote:
Quote:Pasar Cinde adalah pasar tradisional yang terdapat di Jl Jenderal Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan. Ini adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak 1958.
Masuk ke dalam, Anda bisa melihat hiruk-pikuk kehidupan masyarakat Palembang saat berbelanja, dan tentu saja menemukan oleh-oleh khas.
Pasar Cinde terdiri dari beberapa bagian. Di bagian atas, wisatawan bisa menemukan berbagai barang keperluan sehari-hari seperti sayur, buah, ayam dan masih banyak lagi. Di bagian luar ada toko yang menjual berbagai barang perlengkapan.
Biasanya, pasar ini dikunjungi traveler yang ingin membeli pempek atau kerupuk khas Palembang sebagai buah tangan. Ya, bagian dalam pasar terdapat banyak kios yang menjual oleh-oleh jenis ini.
Jika traveler ingin membawa makanan atau kue khas Palembang sebagai oleh-oleh, datang saja pada pagi hari. Saat itu ada banyak penjual kue dan makanan ringan yang menjajakkan barang di pasar.

Quote:Quote:Pasar 16
Quote:
Quote:Selain Pasar Cinde, tempat belanja lain yang juga bisa turis kunjungi untuk berburu oleh-oleh adalah Pasar 16 Ilir Barat Permai. Pasar ini berada di kawasan 16 Ilir, Palembang, tepatnya berada di belakang Ramayana.
Pasar 16 Ilir menjual aneka barang yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh. Tak perlu takut soal harga, karena hampir semua barang dijual secara grosir. Pas untuk traveler yang ingin membeli cinderamata cukup banyak, tapi ingin mendapatkannya dengan harga miring.
Pasar 16 Ilir diisi oleh ratusan ruko yang menjual aneka barang, termasuk turis yang ingin membeli emas Palembang.
Turis yang datang bisa menjelajah masuk ke dalam pasar dan menemukan tas, dompet, atau pun sarung khas Palembang. Yang tak kalah penting, Anda juga bisa menemukan songket Palembang yang sudah terkenal kualitasnya.

Quote:Quote:Pempek Candy
Quote:
Quote:Nah, ini dia oleh-oleh wajib yang tidak boleh dilupakan pelancong saat traveling ke Palembang, yaitu pempek. Ya, traveling ke Palembang tanpa membawa pempek sebagai buah tangan memang tidak lengkap.
Ada banyak tempat untuk mendapatkan pempek khas Palembang, tapi yang paling ramai dan banyak dikunjungi turis adalah Pempek Candy. Pempek Candy adalah toko pempek yang berada di Jl Jenderal Sudirman No 21.
"Di sini jual pempek adaan, telur kecil, telur besar, lenjer panjang, kulit," kata salah satu pegawai Pempek Candy
Tak hanya pempek, toko ini juga menjual makanan lain khas Palembang seperti tekwan, model dan aneka pindang.
Pempek yang dijual Pempek Candy bisa Anda bawa pulang dan bisa bertahan hingga 1 minggu di dalam freezer. Jika tidak berada di freezer, pempek ini bisa bertahan hingga 2 hari.
Asyiknya, wisatawan yang datang tidak hanya bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh, tapi juga makan langsung di sana.

Quote:Quote:Outlet Nyenyes Palembang
Quote:
Quote:Kalau pempek tidak cukup sebagai oleh-oleh, turis juga bisa membeli suvenir lain yang tentu masih bernuansa Palembang, seperti kaus, stiker, atau gantungan kunci. Salah satu outlet yang menjual aneka suvenir jenis ini adalah Outlet Nyenyes Palembang.
Outlet ini bisa Anda temui di Jl Jenderal Sudirman no 1080. Barang yang diincar adalah kaus. Beragam kaus bertuliskan atau bergambarkan hal yang identik dengan Palembang bisa Anda dapatkan di sini.
Tak perlu takut soal kualitas dan model, barang-barang yang dijual Outlet Nyenyes mengikuti zaman. Beberapa kaus yang dijual di antaranya bertuliskan "Emang Gue Palembang", "Wong Kito Galo," dan bergambar Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota.
Harga pun bervariasi. Biasanya, untuk satu kaus bergambarkan ikon Palembang dikenai harga Rp 85.000/buah.

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

Post Lainnya

Translate

Archive

Archive

Followers

 
© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.