Pages

Kamis, 03 Oktober 2013

8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013

Diposting oleh Ali at 04.54
8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013

Tidak bisa dipungkiri lagi, tahun ini pasti akan banyak produk teknologi atau gadget-gadget yang bakal bikin mata agan-agan kesemsem. Tapi, tidak dengan 8 produk teknologi ini. Berikut 8 produk teknologi yang tidak akan hadir di tahun 2013 ini.

Smartphone Amazon


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Smartphone Amazon

Spekulasi: Sesudah Amazon sukses menjual kindle fire-nya, perusahaan e-commerce terbesar di dunia itu berencana meluncurkan smartphone buatannya sendiri. Taiwan Economic News melaporkan bahwa perusahaan manufaktur Foxconn telah menjadi partner mereka dalam membuat smartphone itu dan rencananya akan dirilis pada kuartal ke-3 tahun 2013. Rumornya, harga smartphone tersebut hanya berkisar antara 1 sampai 2 juta rupiah saja.

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Melakukan penetrasi ke pasar smartphone harus diakui sangat sulit tahun 2013 ini. Setidaknya, itulah yang dikatakan para pakar teknologi. Sudah tau kan? Ada 4 raksasa yang sudah menguasai pasar gadget terlebih dahulu. Android, Apple, Blackberry dan Nokia. Kecuali, smartphone keluaran Amazon itu mengadopsi OS Android ataupun para developer smartphone tersebut mempunyai terobosan yang unik agar smartphone yang Amazon kembangkan dapat bersaing di pasar gadget global.

Lebih jauh, sepertinya sangat tidak masuk akal untuk Amazon berebut pangsa pasar smartphone. Seperti yang agan-agan tau, Amazon cuma jualan konten dan produk. Dan lagi, perusahaan itu udah ngerilis berbagai macam app yang mendukung agan-agan shopping untuk berbagai macam smartphone dan akan terdengar konyol kalau mereka cuma jualan smartphone yang isinya sama dengan apa-apa yang apps mereka tawarkan seperti di smartphone lain.

Windows Blue


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Windows Blue

Spekulasi: Sudah banyak media online yang mengabarkan tentang OS Windows terbaru ini. Untuk saat ini, nama kode yang dipakai untuk OS itu adalah "Windows Blue". Dikabarkan rilis pada akhir 2013.

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Jika kabar itu benar, maka ekosistem peluncuruan OS dari Windows yang biasa dilakukan selama 3 tahun itu akan berakhir. Lebih jauh lagi, para pengembang aplikasi bakal tambah kelimpungan buat ngembangin aplikasi mereka buat dua OS Windows ini.

Jadi, kalo dikira-kira. Mungkin Windows Blue gak benar-benar rilis official pada kuartal ke-4 2013 itu. Palingan versi developer review atau betanya yang pasti bermanfaat buat para pengembang aplikasi untuk mempelajari ekosistem OS Windows terbaru itu.

Google Nexus 4 dengan Konektivitas LTE 4G


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Google Nexus 4 dengan Konektivitas LTE 4G

Spekulasi: Ketika Google merilis Nexus 4, para user cukup syok karena mereka baru tau kalo Goolge Nexus 4 tidak mendukung 4G. Namun mereka yakin, kalo Nexus 4 nanti pasti ada versi 4G-nya.

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Dengan Nexus 4 yang tidak ada konektivitas 4G-nya, Google mencoba memberikan sinyal kepada pengguna smartphonenya bahwa Google akan berusaha bersifat independen dan idealis atau tidak terikat dengan suatu vendor atau perusahaan lain yang turut membantu dalam pembuatan Nexus 4. Ane gak kaget ama keputusan Google ini, karena kabarnya mereka akan memulai memasukkan jaringan 4G pada smartphone Motorola X (ingat, Motorola udah diakuisisi Om Google).

Windows Tablet Keluaran Nokia


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Windows Tablet Keluaran Nokia

Spekulasi: Tahun-tahun kemandirian Nokia telah berlalu dari yang awalnya tidak pernah menggunakan sedikitpun teknologi orang luar sampai benar-benar "melompat" dari kebiasaan itu yang ditandai dengan hadirnya smartphone Lumia. Jadi apa yang bakal dilakuin oleh mantan eksekutif dari Microsoft, Stephen Elop, sebagai tindak lanjut untuk perusahaan Nokia yang sekarang sedang ditanganinya? Merilis tablet?

Elop pernah berkata: "Dari prespektif ekosistem produk, kami menemukan banyak manfaat dan sinergi antara Windows dan smartphone Windows yang kami besut. Kami melihat peluang itu", katanya. Berdasarkan rumor yang santer terdengar, Nokia berencana merilis Windows RT dengan inovasi daya baterai yang berasal dari tut keyboard di kuartal pertama 2013 ini.

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Nokia terlihat sangat sulit untuk mendapatkan market sharenya dalam wilayah smartphone. Mengalami kerugian hingga 683 juta Euro dalam kuartal ketiga tahun 2012 lalu. Tablet Windows seperti Windows Surface adalah produk yang terbukti sangat bagus di mata para konsumen sampai saat ini dan itu membuat Nokia juga ikut tertarik. Karena itu, 2013 mungkin Nokia hanya masih berancang-ancang buat menembus pasar tablet dan tahun berikutnya kemungkinan besar adalah pertaruhannya.

TV Apple aka iTV


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: iTV

Spekulasi: Rumor iTV sudah terdengar di penghujung 2011 yang lalu. Kekredibelan rumor ini semakin kuat setelah almarhum Steve Jobs menyebutkan rencananya tentang pengembangan produk TV di buku biografinya. Pada tahun 2012, CEO Apple sekarang, Tim Cook, menceritakan pada NBC bahwa pengembangan iTV adalah sebuah ide yang brilian termasuk menantang untuk dibuat oleh perusahaan yang dipimpinnya. Di tahun 2013, banyak yang yakin kalo iTV akan nongol di Apple store secara global.

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Pertama-tama, gak ada yang bakal ngeraguin Apple atas pemilihan bahan-bahan buat produknya termasuk ekosistem teknologi yang ada dalam setiap teknologi mereka. Namun, perusahaan ini harus berpikir berkali-kali kalo mau ngerilis iTV. Kenapa? Satu, Apple mesti punya partner dalam jaringan tv berbayar dan jaringan tv nasional. Kedua, masalah servis. Agan-agan tau kan after sales dari Apple bejimana? Dari dua alasan itu, Apple-pun kayaknya masih setengah hati buat terjun langsung dalam persaingan bisnis TV di tahun 2013 ini.

Blackberry Playbook 2


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Blackberry Playbook 2

Spekulasi: Playbook pertama rilis pada tahun 2011 silam. Dengan OS BB 10 yang terbaru, spekulasi tentang produk teranyar dari RIM terus bergema. Meskipun Playbook yang lama masih dijual. Namun, dengan resolusi layarnya yang pas-pasan (1024x600) dan desain yang ketinggalan zaman, Playbook sepertinya perlu sebuah terobosan. Dan itu terbukti dengan terungkapnya roadmap RIM tentang tablet 10 inci terbarunya yang bernama "Blackforest".

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Meskipun RIM telah menjual Playboy begitu banyak pada kuartal ke-3 2012 silam (225.000 ribu buah), tablet itu tetap dianggap orang sebelah mata. Selain itu, market share penjualan BB-nya semakin digerogoti oleh smartphone Android. Harapan satu-satunya RIM tertumpu pada Blackberry 10 ini. Kita pasti akan melihat produk tablet keluaran RIM, tapi tidak di tahun ini.

Layar Fleksibel untuk Smartphone atau Tablet


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Layar Fleksibel untuk Smartphone atau Tablet

Spekulasi: CNET telah melaporkan bahwa Samsung akan mempertunjukan layar yang bisa ditekuk pada pameran CES 2013. Rumornya, Samsung Galaxy S 4 dan Galaxy Note 3 yang akan menggunakan inovasi ini.

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Layar felsibel itu adalah demo awal. Masih banyak yang perlu ditingkatkan kalo mau layarnya felksibel sekaligus kokoh secara bersamaan. Intinya, tidak akan ada layar fleksibel tahun ini.

Kacamata "Google"


8 Produk Teknologi yang Tidak Akan Hadir di Tahun 2013: Kacamata "Google"

Spekulasi: Developer Kit-nya emang udah disebar kepada para pengembang pilihan Google. Sepertinya produk udah jadinya gak akan terlalu lama kan?

Kenapa produk teknologi ini tidak akan hadir di tahun 2013? Jawabannya, salah. Co-founder Google, Sergey Brin mengatakan bahwa beberapa orang pilihan akan mendapat versi "consumer review" dari kacamata cerdas Google ini. Meskipun kacamata Google ini dijadikan sebagai salah satu penemuan terbaik tahun 2012, agan-agan gak bakalan ngedapetin versi officialnya paling gak sampai akhir tahun 2014.

Nah, doa kita anak-anak Indonesia, mudahan ada orang pribumi Indonesia yang turut andil dalam pembuatan teknologi-teknologi ini. Ya... meskipun kita gak bakalan liat produk-produk teknologi ini pada tahun 2013.

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

Post Lainnya

Translate

Archive

Archive

Followers

 
© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.